Upaya peningkatan mutu adalah merupakan perbaikan kualitas secara terus menerus, perbaikan kinerja di tingkat RS dan manajemen mutu total.Ruang lingkup peningkatan mutu pelayanan dalam standar akreditasi rumah sakit meliputi:
Pengukuran mutu dengan menggunakan indikator kunci/indikator prioritas baik di area klinis,area manajemen maupun di area sasaran keselamatan pasien.
Pengukuran mutu/penilaian kinerja di unit kerja yang lebih dikenal dengan istilah standar pelayanan minimal di lingkup pemerintah.
Penilaian kinerja individu baik untuk staf klinis maupun non klinis.
Standarisasi asuhan klinis yang meliputi : Patient center care, integrasi pelayanan dan pelaksanaan panduan praktik klinis dan clinical pathway.
Program peningkatan mutu dan keselamatan pasien di RSUD IA Moeis dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran akan "safety culture" (sasaran keselamatan pasien) ke dalam budaya organisasi sehingga dapat memberikan dampak terhadap kegiatan klinik maupun manajemen. Dan rumah sakit dapat menjalankan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat yang profesional dan terukur.